Seputar Balon Walikota


Dalam tahun ini (2012), Kota Singkawang akan menyelenggarakan pesta demokrasi daerah (pemilihan gubernur-wakil gubernur Kalimantan Barat dan pemilihan walikota-wakil walikota Singkawang). Duet Walikota Singkawang, Hasan Karman, dan wakilnya, Edy R. Yacoub, akan berakhir masa jabatannya dalam tahun ini (masa jabatan 2007-2012). Pada tahun 2007 silam, satu tahun sebelum krisis finansial yang mengguncang dunia yang diawali masalah subprime-mortgage di Amerika Serikat dan bangkrutnya Lehman Brothers, pasangan tersebut mendobrak sejarah dengan mengalahkan incumbent saat itu, Awang Ishak-Raymundus Sailan. Hasan Karman adalah walikota pertama di Indonesia dari etnis Tionghoa.

Lalu bagaimana peta persaingan menuju KB 1 C ?

Media cetak lokal sejak tahun lalu telah memunculkan beberapa nama bakal calon (balon) walikota. Nama yang tidak asing dan secara terbuka menyatakan akan maju adalah Awang Ishak yang akan berpasangan dengan Abdul Muthalib. Nama-nama lainnya antara lain Nusantio Setiadi, Andy Victorio selain incumbent sendiri, Hasan Karman. Belakangan muncul juga nama Darmawan (pernah ikut bertarung dalam pilkada Singkawang 2007 silam, berpasangan dengan Ignatius Apui, tapi kalah telak) dan Direktur PDAM Singkawang, Kristina Kilim, yang mengambil formulir pencalonan wakil walikota lewat perahu PDIP.

Secara umum incumbent memang masih cukup kuat, tapi suara dukungan diperkirakan akan turun dibanding 2007 silam yang penuh dengan euforia karena adanya kesan dizalimi (banyak warga Tionghoa tidak mendapat surat undangan untuk memilih, tetapi kemudian cukup banyak yang mendapatkan setelah sejumlah tokoh Tionghoa turun ke jalan berunjuk rasa melakukan protes kepada KPUD, dan akhirnya bisa ikut menggunakan hak pilih).

Figur lain yang mendapatkan dukungan sejumlah pengusaha kuat asal Singkawang di Jakarta adalah Nusantio Setiadi. Sekarang beliau aktif di organisasi alumni, yakni sebagai Presiden Ikatan Alumni SMP Bruder Singkawang (Kaliber’s), sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Permasis (Perkumpulan Masyarakat Singkawang dan sekitarnya), sebuah ormas orang Singkawang dan sekitarnya terkemuka di Jakarta.

Nusantio Setiadi (吴 如 山)

image

Nusantio Setiadi (Ng Ju San/吴 如 山) adalah putra kedua (anak ketiga) dari pasangan Setiadi (Ng Miau Khui) – alm. Lie Nyiat Cu dilahirkan pada tahun 1964 (47 tahun), lulusan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura (Pontianak) dan Program Magister Manajemen STIE Supra (Jakarta). Sekarang bekerja sebagai direktur perusahaan kontraktor metal, PT Sinarrejeki Lasindounggul, Tangerang Selatan.

Memang masih agak dini untuk memperkirakan, oleh sebab itu penulis akan mengikuti perkembangan lebih lanjut dan menuliskannya di lain kesempatan dalam blog ini.

Posted from WordPress for Android

Posted from WordPress for Android