Peta figur calon Walikota Singkawang terkini


KPU telah menetapkan tanggal 20 September 2012 sebagai hari penyelenggaraan secara bersamaan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan Walikota-Wakil Walikota Singkawang. Berarti masih menyisakan waktu sekitar 4 (empat) bulan lagi kepada setiap figur untuk mempersiapkan langkah-langkahnya meraih pucuk pimpinan daerah.

Lalu sejauh mana persiapan setiap figur dan respon masyarakat terkini terhadap mereka yang telah menyatakan diri maju dalam pilkasung Singkawang 2012 ? Penulis mencoba memaparkan dalam tulisan ini sesuai dengan pengamatan dan suara-suara yang didengar di lapangan dan berita yang berkembang di media cetak lokal.

Hasan Karman, sang incumbent, tanpa masalah bisa mencalonkan diri lagi karena partai yang menaunginya, PPIB, mempunyai 4 (empat) kursi di DPRD Singkawang. Sebagaimana kita tahu, partai yang berhak mengajukan calon walikota-wakil walikota sesuai syarat dari KPUD, harus mempunyai minimal 4 (empat) kursi baik secara eksklusif/sendiri maupun hasil koalisi/gabungan beberapa partai. Sedang jalur independen (nonpartai) harus bisa menjaring minimal 6% fotokopi KTP dari warga Singkawang yang telah mempunyai KTP. Namun kabar terkini konon PDIP akan berkoalisi dengan PPIB mengusung Hasan Karman, namun demikian belum terkonfirmasi siapa yang akan mendampingi beliau sebagai calon wakil walikota atau pasangannya. Penulis memperkirakan suara untuk incumbent akan menurun dibanding 2007 silam seiring makin kritisnya calon pemilih. Namun suara dukungan tetap tidak bisa dianggap remeh.

Figur yang mencuat ke atas dan katanya punya kans paling kuat untuk bisa menyaingi Hasan Karman adalah Nusantio Setiadi. Partai yang terkonfirmasi akan mengusungnya adalah Partai Karya Pembangunan (Pakar Pangan, 2 kursi) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra, 2 kursi). Adapun pendampingnya adalah Tasman, mantan pejabat struktural/birokrat di lingkungan Pemkot Singkawang dan mantan guru yang pernah menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Singkawang. Dalam polling media cetak lokal, Nusantio Setiadi memimpin terus perolehan suara dukungan dengan persentase suara tertinggi di antara semua figur. Sejumlah kalangan bahkan berani berpendapat bahwa Nusantio Setiadi bisa saja mengalahkan sang incumbent bila bercermin dari banyaknya dukungan dari hari ke hari yang berkembang di masyarakat. Figur Nusantio Setiadi terkenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi dan prestasinya saat aktif dalam organisasi alumni (masih aktif) maupun ormas sebelumnya.

Awang Ishak dan Abdul Muthalib mendapatkan dukungan dari PAN, mungkin saja GolKar akan mengusungnya juga walau belum ada pernyataan resmi. Demokrat masih belum menyatakan sikap soal figur yang akan diusungnya karena kepengurusan lokalnya yang sedang bermasalah. Suara untuk Awang Ishak-Abdul Muthalib nampaknya akan berasal dari calon pemilih tradisional. Suara memang masih lumayan banyak namun diperkirakan akan turun mengingat faktor usia.

Kabar terkini, sesuai berita di AP Post (07/05/2012), Andy Victorio telah menyatakan secara resmi mundur dari pencalonannya sebagai kandidat walikota singkawang. Tidak disebutkan alasan pengunduran dirinya lebih lanjut.

Akhirnya, pendapat pribadi penulis adalah memperkirakan pertarungan pilkadasung Singkawang kali ini akan berlangsung 2 (dua) babak mengingat ketatnya persaingan antar calon.

Posted from WordPress for Android